Selasa, 20 November 2012

Tugas ICT Jurnal 2 Melvhin Samuel - 41809187 (JENDELA IDE)


JENDELA  IDE



Jendela Ide adalah Komunitas Budaya yang mengangkat berbagai macam kebudayaan di Indonesia,maupun di Dunia. Jendela Ide berdiri pada 9 april 1995 di JL.Taman Sari 73, Kota Bandung, oleh sepasang seniman  Andar Manik dan Marintan Sirait. Alasan Andar Manik dan Marintan Sirait mendirikan Jendela Ide , karena kurangnya rasa ingin tahu anak dan remaja sekarang, terhadap kebudayaan Negerinya. Tujuan Jendela Ide didirikan untuk merangsang perspektif budaya anak dan remaja, menuju workshop, pameran, pertunjukan, pertemuan budaya, pengembangan perpustakaan, pelatihan untuk pelatih / relawan dan diskusi tentang pendidikan & budaya.

Sudah 16 tahun Jendela Ide berdiri dan sudah banyak juga anggota-anggota di Jendela Ide. Selama 16 tahun tahun juga, sudah banyak workshop, pameran, pertunjukan yang bertemakan Budaya. Pertunjukan yang paling menarik dan membuat detak kagum seluruh Dunia, ketika Jendela Ide membuat pertunjukan yang diberi nama Bandung World Jazz. Bandung World Jazz, adalah pertunjukan besar yang bersifat Dunia, dengan artis – artis yang bukan dari Indonesia aja, tetapi dari seluruh Dunia. Disebut Bandung World Jazz, karena diselenggarakan di Kota Bandung dengan genre music World Jazz.
World Jazz itu aliran musik baru, yang didalamnya terdapat penggabungan unsur musik kebudayaan dan musik jazz. Dalam pertunjukan Bandung World Jazz , semua Negara dituntut untuk memainkan musik jazz dengan penggabungan unsure musik kebudayaan tiap Negara. Seperti dari Indonesia sendiri  alat musik kebudayaan yang dipakai seperti angklung, bambu,kecapi,gamelan,gendang,gong dan masih banyak lagi.


Pertunjukan Bandung World Jazz  diadakan setiap satu tahun sekali dan sudah di mulai dari tahun 2009. Sekarang Bandung World Jazz sudah memasuki tahun ke – 4, yang acaranya akan diselenggarakan pertengahan bulan Desember. Pengisi acara Bandung World Jazz tahun ke – 4 pun, masih dirahasiakan oleh pihak jendela Ide sendiri, yang jelas katanya lebih keren lagi dari tahun sebelumnya. Harapan Jendela Ide atas segala kegiatan-kegitan selama ini, “semoga masyarakat Indonesia tidak melupakan dan semakin mencintai Kebudayaan Nya”
Khairil/Aep/Dwichi/Melvhin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar